Materi Evaluasi program

By: kulsumpati

Jul 22 2010

Kategori: Uncategorized

Tinggalkan komentar

Materi mata kuliah Evaluasi Pogram

1.      Pengertian Evaluasi Program

  1. Peranan dan Tujuan Evaluasi
  2. Beberapa model Pendekatan dan konsep-konsep Evaluasi
  3. Penyusunan Proposal Evaluasi Program

Buku Acuan

  1. Evaluasi Program Pendidikan  oleh : Prof Dr Suharsimi Arikunto dan Cepi Safrudin Abdul Jabar
  2. Evaluasi Program .Oleh : Suharsimi Arikunto
    1. Evaluasi Program .Oleh : Dr Farida Yusuf Tayibnapis, M.Pd
    2. Program Evaluation, methods and Case Studies, oleh : Emil J Posavac

5.  Evaluating Training Programs. Oleh ; Donald L.Kirkpatrick

6.  Dasar-dasar Penelitian Kualitatif.Oleh : Drs H.M.Djunaidi Ghoni

7. Memadu Metodr Penelitian Kualitaif & Kuantitatif : Yulia Brannen

8. Metode Evaluasi Kualitatif : Michael Quinn Patton

Definisi Evaluasi

Ada sepuluh pertanyaan yang harus di jawab untuk menentukan definisi  Evaluasi.

  1. Apa arti Evaluasi ?

Menurut Ralph Tyler, Evaluasi adalah proses yang menentukan sampai sejauh mana tujuan pendidikan dapat dicapai

Cronbach dan Stufflebeam :Upaya menyediakan informasi untuk disampaikan  kepada pembuat keputusan/kebijakan .

Sedangkan Provus dan Maclcolm mendefinisikan  evaluasi sebagai perbedaan apa yang ada dengan  suatu standard untuk mengetahui apakah  ada selisih.

Sedangkan berdasarkan konsensus ,para evaluator  mendefinisikan Evaluasi adalah penelitian yang sistematik atau yang teratur tentang manfaat beberapa obyek.

Program  ( yang dikaitkan dengan evaluasi ) didefinisikan  sebagai suatu unit atau kesatuan kegiatan  yang merupakan realisasi atau implementasi dari suatu kebijakan yang berlangsung dalam proses yang berkesinambungan dan terjadi dalam suatu organisasi yang melibatkan sekelompok orang.

Kesimpulan

Evaluasi Program : upaya untuk mengetahui tingkat keterlaksanaan suatu kebijakan secara cermat dengan cara mengetahui efektivitas masing-masing kompunennya.

ii. Untuk apa evaluasi ?

Secata formatif evaluasi dipakai untuk perbaikan dan pengembangan  kegiatan yang sedang berjalan. Sedang secara  sumatif evaluasi  dapat dipakai sebagai pertanggung jawaban , keterangan , seleksi atau lanjutan.

iii.Obyek Evaluasi?

Semua unit training dapat dijadikan obyek evaluasi, termasuk diantaranya institusi pendidikan.

iv. Demensi yang akan dievaluasi.?

Dalam evaluasi pendidikan akan menilai seperti :

  1. manfaat tujuannya
  2. mutu rencana
  3. sampai dimana  tujuan dijalankan
  4. mutu hasilnya

Sehingga fokusnya adalah pada tujuan dan kebutuhan , desain training, implementasi, transaksi dan hasil training.

v. Kriteria yang dipakai  untuk menilai suatu obyek.?

  1. Kebutuhan , ideal dan nilai-nilai
  2. Penggunaan yang optimal dari sumber-sumber dan kesempatan
  3. Ketepatan efektifitas training
  4. Pencapaian tujuan yang telah dirumuskan

vi. Siapa yang harus dilayani?

v  Evaluasi dapat mempunyai lebih dari seorang audensi.

v  Masing-masing audensi mungkin punya kebutuhan yang berlainan.

v  Audensi khusus kebutuhannya harus dirumuskan dengan jelas pada waktu memulai rencana evaluasi.

vii. Prosedur dalam melakukan Evaluasi?

  1. Memfokuskan evaluasi
  2. Mendesain Evaluasi
  3. Mengumpulkan informasi
  4. Menganalisis informasi
  5. Melaporkan hasil evaluasi
  6. Mengelola evaluasi
  7. Mengevaluasi evaluasi

viii. Metode  yang digunakan ?

Sesuai dengan situasi dan kondisi

ix. Siapa yang akan melakukan evaluasi ?

Kelompok  profesional evaluator , yaitu seorang yang kompeten dan dapat diandalkan.Biasanya  dengan ciri-ciri sbb:

  1. Mengetahui  dan mengerti teknik pengukuran dan metode penelitian,
  2. Mengerti tentang kondisi sosial dan hakekat  obyek evaluasi,
  3. Mempunyai  kemampuan human relation
  4. Jujur dan bertanggung jawab

x. Standard untuk menilai evaluasi ?

  • Utility       ( bermanfaat dan praktis)
  • Accuracy  ( secara teknik tepat)
  • Feasibility ( realistik dan teliti )
  • Proppriety  ( dilakukan dengan legal dan etik )

Beberapa Istilah dalam Evaluasi

  1. Program

Program adalah segala sesuatu yang dicoba lakukan oleh seseorang dengan harapan akan mendatangkan hasil atau pengaruh.

  1. Sponsor.

Sponsor adalah orang atau organisasi yang meminta evaluasi dan membiayai program tersebut.

  1. Audensi

Audensi ialah orang yang secara langsung atau tidak langsung berurusan dengan evaluasi (peminat,pemakai ,pelanggan)

  1. Instrumen

Instrumen merupakan alat untuk memperoleh data.misalnya tes, kuesioner, observasi, wawancara dll.

  1. Client

Client adalah  orang atau organisasi yang memesan atau meminta kepada evaluator untuk melakukan evaluasi

  1. Data kualitatif.

Data dan Informasi dalam penelitian kualitatif  memberi jawaban pada pertanyaan  apa, mengapa dan bagaimana.   (lebih ditekankan pada proses ), berupa kata-kata.(tidak terukur )……..Informan

  1. Data kuantitatif.

Data pada penelitian kuantitatif memberi jawaban  untuk pertanyaan berapa, seberapa jauh , berapa banyak Datanya berupa angka-angka,dapat diukur….Responden

Perbedaan penelitian  kuantitatif dengan penelitian kualitatif

Unsur penelitian Pen. Kuantitatif Pen. Kualitatif
1 2 3
1.Masalah dan judul

2.Kondisi penel.

( setting )

3. Pendekatan

4. Pengukuran dan    analisis

5. Prosedur

Penelitian

6.Instrumen

7.Kesimpulan

Menguji hipotesis atau memecahkan masalah atas dasar deduksi teori

Buatan dan manipulasi

Hasil/produk

Kuantitatif,statistik

Dirancang sebelumnya

Obyektif dan baku

Generalisasi prediksi

Menghasilkan data yang mungkin dapat digunakan  untuk menyusun hipotesis

Keadaan alami

Proses

Judment dari dalam dan dari luar

Dirancang dan dilaksanakan dilapangan

Subyek peneliti dan indepth/mendalam

Deskripsi,analisis dalam konteks ruang waktu dan situasi

Catatan : dalam laporan evaluasi lengkap kedua macam data ini  biasanya  saling melengkapi. Kadang  data kualitatif di transfer ke data kuantitatif dengan prosedur coding. Misalnya pada skala Likert

MODEL –MODEL EVALUASI
  1. 1. Model Evaluasi CIPP
Tokohnya adalah : Stufflebeam

Definisi evaluasi adalah suatu proses yang menggambarkan, memperoleh dan menyediakan informasi yang berguna untuk menilai alternatif keputusan.

Terdapat 4 pedoman kerja :

  • Contect evaluation to serve planning decision, membantu  merencanakan  keputusan kebutuhan yang akan dicapai oleh program.
  • Input evaluation, structuring decision, modal dan rencana strategi yang ditetapkan untuk mencapai kebutuhan (dalam pendidikan, tujuan-tujuan pendidikan )
  • Proces evaluation, to serve implementing decision. Pelaksanaan strategi dan penggunaan  modal dalam krgiatan di lapangan .
  • Product evalution, to serve recycling decision.Hasil yang dicapai baik selama maupun pada akhir pengembangan  sistem yan bersangkutan.
  1. Sedangkan evaluasi model Stake membagi  menjadi 3 kategori, yaitu: antecedents (Conext),Trasaction ( process ) dan outcomes (output).

Antecedents dimaksudkan adalah  input yang ada pada sistem dikembangkan, transactions dimaksudkan adalah dimensi yang mencakup rencana kegiatan  maupun proses kegiatan di lapangan , sedangkan outcomes adalah hasil yang dicapai .

  1. Evaluasi Model UCLA ( 1969)

Tokohnya adalah ALKIN.

Definisi  evaluasi adalah sebagai proses meyakinkan  keputusan untuk memilih informasi yang tepat, mengumpulkan dan menganalisis informasi sehingga dapat melaporkan  rimgkasan data yang berguna bagi pembuat keputusan dalam memilih alternatif.

Ada  5 pedoman dalam  evaluasi:

a)      Sistem assesment

b)      Program planning

c)      Program implementation

d)     Program improvement

e)      Program certification.

f)

  1. 4. Model Brinkerhoff

Tokoh : Brinkerhoff ( 1983), ia mengemukakan  tiga golongan evaluasi yang disusun berdasarkan penggabungan elemen-elemen yang sama seperti evaluator-evaluator yang lain.

Terdapat 3 versi ,yaitu :

  • Fixed vs Emergent Evaluation Design
  • Formative vs Summating Evaluation
  • Experimental and Quasi Experimental

PENELITIAN DAN EVALUASI PROGRAM

Persamaan

  1. Langkah-langkahnya sama , mulai dari identifikasi kompunen,penentuan wilayah studi (setting),metode dan Instrumen, pengumpulan data dan kesimpulan
  1. Metodologi yang dipakai sama meliputi identifikasi variabel, sampling yang digunakan , metode yang dipakai, penyusunan instrumen dan cara menganalisis data.

PERBEDAAN

No Kompunen Penelitian Ev. Program
1 2 3 4
1

2

3

4

5

Obyek kegiatan

Tujuan kegiatan

Analisa data

Pengambilan keputusan

Tindak lanjut kesimpulan

Dipilih sendiri oleh peneliti (bebas)

Ditentukan oleh problematika/pertanyaan penelitian

Tanpa mengacu pada standard

Hasil analisis mengacu pada rumusan probematikanya

Ditindaklanjuti dengan saran-saran kepada pihak yang terkait

Sudah ditentukan (tidak bebas)

Mengacu pada tujuan program

Mutlak adanya standard

Mengacu pada kriteria

Rekomendasi pada pengambil kebijakan sebagai dasar kebijakan yang baru, bisa

1.disebarluaskan,

2.dilanjuti,

3 direvisi,

4.dihentikan

Melakukan Evaluasi

a.Mencari Informasi

Informasi  yang baik adalah informasi yang berasal dari sumber yang dapat dipercaya diperoleh  dengan cara yang terpecaya untuk menjawab partanyaan evaluasi.

Beberapa criteria informasi antara lain :

a.Terpercaya, informasi yang akurat, diberikan oleh sumber yang terpercaya

dan benar.

b.Praktis,yang diperoleh dengan wajar, tidak mahal dan mudah .Sumber

informasi yang kompleks akan makan biaya dan analisisnya belum tentu

dipakai.

c.Prioritas,sangat tergantung dengan waktu dan dana.Informasi harus diperoleh

pada waktu yang tepat. Kalau terlambat tidak akan berguna lagi bagi

pemegang keputusan.

d.Akurasi,informasi harus relevan dan terpercaya dan tidak banyak kesalahan.

Terutama metode dan proses pengumpulan data dan analisisnya

Kemudahan Menganalisis

Informasi yang baik akan dapat dianalisis dengan mudah

dengan melihat tingkat :

a)      Obyektivitas :artinya merupakan informasi langsung dan belum ada

perubahan    yang dilakukan oleh orang lain, sehinga mengakibatkan informasi bias

b)      Kejelasan,yaitu merupakan informasi yang mudah dan dapat dimengerti ,tidak bersifat ambigu

c)      Pembatasan ruang lingkup,informasi harus diperoleh seluas-luasnya tetapi yang dapat dikelola.

d)     Keberadaan,data yang mudah dan murah diperoleh dan sudah tersedia merupakan prioritas

e)      Manfaat.Informasi yang tepat waktu dan relevan terhadap pernyataan klien.Informasiyang tdk dapat digunakan yaitu informasi yang tidak tepat waktu dan tidak siap untuk dipakai.

Bagaimana Mengolah Data

  1. Data harus diolah dengan tepat,disimpan ,disiapkan dan di analisis.
  2. Mengatur data sedemikian rupa sehingga dapat mudah digunakan,tidak ada data yang hilang atau terlupakan
  3. Memberi kode pada data, menyatakan dan mengaturnya kemudian disimpan tempat yang aman

Memberi kode dan mengatur data

  1. Jangan terlalu banyak menggunakan kode
  2. Buatlah kode sesederhana mungkin
  3. Pilihlah variabel koding dengan hati-hati
  4. Carilah asisten yang profesional
  5. Mengatur kode sesuai dengan instrumen
  6. Data harus terekam dengan baik, karena didalamnya berisi proses, langkah-langkah sehingga mudah untuk dilacak jika  diperlukan
  7. Tetap menjaga etika, misal perjanjian,kerahasiaan,aturan yang berlaku dll

Kebiasaan yang muncul dilapangan

  • Jawaban yang tidak lengkap
  • Salah memberi kode atau tidak konsisten
  • Responden bukan sampel yang representatif
  • Pengembalian instrumen  yang sedikit atau pengisan item yang tidak

lengkap

  • Data yang diterima bukan dari responden yang diinginkan
  • Administrasi dan prosedur monitor tidak sesuai dengan rencana
  • Respon atau jawaban yang aneh atau tidak wajar
  • Jawaban yang saling berlawanan atau kontradiktif.
  • Sejumlah responden tidak memberi jawaban yang bersifat

individu seperti yang diharapkan

  • Responden tidak konsisten dalam mengobservasi item

LIMA Langkah dalam Evaluasi Program

  1. menyusun proposal Evaluasi
  2. menyusun instrumen
  3. mengumpulkan data
  4. menganalisis data
  5. mengambil kesimpulan dan merumuskan rekomendasi

Tugas akhir No:1 dan 2,dikumpulkan sesuai tgl Ujian.

ad.1) Menyusun Proposal

Proposal adalah sebuah rencana kerja yang menggambarkan  semua kegiatan yang akan dilakukan dalam pelaksanaan  evaluasi program.

Isi proposal :

a)      Latar belakang / alasan evaluasi dilaksanakan

b)      Penjelasan singkat program yang dievaluasi

c)      Tujuan umum dan tujuan khusus

d)     Sumber data yang dijelaskan dalam populasi dan sampel

e)      Teknik pengumpulan data

f)       Teknik menganalisis data

g)      Cara mengambil kesimpulan dan rekomendasi

ad.a) Latar belakang

Latar belakang dalam evaluasi adalah  hal-hal yang mendorong dilaksanakannya suatu evaluasi program.

Kata kunci disini “adanya kesenjangan “ artinya ditunjukkan  dengan penjelasan  adanya implementasi kebijakan  dan keinginan untuk mengetahui sejauh mana kebijakan tersebut sudah terlaksana  dan sejauh mana sudah mencapai tujuan.

ad.b) Penjelasan singkat program yang dievaluasi

Penjelasan disini dapat  memberikan gambaran yang cukup bagi evaluator mengenai tujuan diadakannya program terutama dasar hukumnya, sejak kapan,di mana, siapa yang penyelenggara program, siapa saja pelaksananya, isi kegiatan, sarana pendukung, target yang harus dicapai.

c)   Tujuan umum dan tujuan khusus

Tujuan umum menunjuk pada program secara keseluruhan , sedang tujuan khusus  menunjuk pada masing-masing kompunen program

d) Sumber data yang dijelaskan dalam populasi dan sampel

Sumber data adalah segala sesuatu yang menunjuk pada asal data tersebut diperoleh.

Ada 3 P  : Person ( orang ),Place ( tempat ),Paper (kertas kerja – dokumentasi)

e) Teknik pengumpulan data

Metode pengumpulan data disini sama dengan pengumpulan data pada penelitian, misalnya dengan wawancara,pengamatan/observasi, tes,dokumentasi, dan lain-lain

Hal-hal yang menentukan kualitas data :

  • keterandalan instrumen (valid , reliable),perhatikan data kuantitatif( lihat jenis data/skornya ) atau kualitatif ( triangulasi).
    • kualitas pengumpul data (profesional sesuai dengan bidangnya)
    • proses pengumpulan data

Dalam proses pengumpulan data , harus diperhatikan :

  • rambu-rambu umum dalam pengumpulan data
  • penggunaan metode angket
  • penggunaan metode observasi
  • penggunaan  metode dokumentasi
  • penggunaan metode tes

tergantung jenis data yang mau diambil/digunakan

f).Teknik menganalisis data

  • Pengolahan data
  • Analisis data kuantitatif atau data kualitatif
  • Penyajian data

g).Kesimpulan  dan rumusan Rekomendasi

  • Pembuatan Kesimpulan
  • Rumusan Rekomendasi

i)Penyusunan Laporan Evaluasi Program

  • Macam Laporan Evaluasi Program
  • Isi sistematika Laporan Evaluasi Program

TUJUAN MENGADAKAN EVALUASI PROGRAM.

Tujuan umum evaluasi menunjuk pada  program keseluruhan sedangkan tujuan khusus menunjuk pada masing-masing kompunen program

Pada contoh buku Prof. Suharsimi Arikunto:

Diambil progam Resepsi Pernikahan , apakah resepsi pernikahan dapat berjalan dengan sukses ?

Jawaban tersebut dapat dilihat dari kompunen :

  1. Penganten
  2. Tempat resepsi
  3. Tamu undangan
  4. Konsumsi
  5. Acara.

Coba bandingkan dengan program  dalam pendidikan : Evaluasi Pelaksanaan UAN , kompunen apa saja yang dapat mempengaruhi kesuksesan ujian tersebut sukses ?

ü  Peserta ujian

ü  Soal ujian

ü  Pengawas / guru

ü  Tempat ujian

ü  Berita acara

ü  Pedoman Kriteria penilaian

ü  …………….

ü  …………….

  1. Peserta Ujian ,Jumlah siswa menentukan kompunen lain siswa jelas ada, bagaimana mengantisipasi jika ada siswa yang terlambat atau sakit
  2. Soal Ujian , telah disiapkan ,permasalahan  bagaimana soal dapat dibagikan tepat waktu, karena tempat sentral disekolah induk.Bagaimana mengantisipasi soal tidak keliru,tidak bocor, tidak salah , disini perlunya validitas dan reabilitas soal.
  3. Pengawas/guru. Bagaimana guru/pengawas dapat melakukan  tugasnya dengan baik.
  4. 4. Tempat ujian

Bagaimana anak dapat mengerjakan soal dengan nyaman, tenang, jarak kursi/meja, tidak bising, meja diberi nomor dll

  1. Berita acara. Harus mencakup seluruh kejadian  saat ujian dilaksanakan, pengawas mengisi dengan benar
  2. Kriteria Penilaian. Agar obyektif penilaiannya sehingga perlu dibuat pedoman dalam melakukan penilaian.

Apakah masih ada kompunen yang belum terdaftar  ?

Jika masih  ada, tambahkan sendiri maupun dengan musyawarah .

Menentukan tujuan umum untuk mengetahui sejauh mana  pelaksanaan UAN  dilaksanakan.

Berdasarkan tujuan umum terasebut tujuan khusus adalah :

  1. Mendapatkan informasi  jumlah siswa yangakan mengikuti ujian
  2. Mendapatkan tempat dimana soal harus diambil , jam berapa  mulai dapat diambil . Bagaimana pengamanan soalnya, siapa yang bertugas mengambil soal
  3. Mendapatkan informasi jumlah pengawas yang diperlukan , berapa rationya.Apakah perlu dengan sistem pengawas silang. Bagaimana aturan pengawas saat mengawas.Apakah boleh merokok, boleh baca koran, boleh ngobrol dengan teman  sesama pengawas.
  4. Mendapatkan gambaran  tentang kesesuaian tempat dengan jumlah peserta dan pengaturannya tempat duduknya, satu ruang untuk berapa peserta
  5. Mengetahui cara mengisi berita acara, ini penting untuk melacak kalau ada  masalah, misalnya jumlah tidak sesuai antara siswa dan kertas kerja, berapa yang tidak mengikuti ujian , nama terang pengawas harus ada.
  6. Mendapatkan gambaran aturan penilaiannya.

Berapa jumlah korektor tiap mata pelajaran

Kalau soalnya Obyektif bagaimana aturannya

Kalau soalnya essay bagaimana aturan penilaiannya

Kalau soalnya  gabungan antara obyektif dan essay,bagaimana rumus penilaiannya

Secara Umum Informasi yang perlu diketahui oleh evaluator adalah :

Pertama , keterangan tentang program. Siapa peserta program  pelayanan apa yang harus  diberian? Apa tujuan program, bagaimana mengukur keberhasilannya? Berapa jumlah personal yang terlibat ? Berapa local yang terlibat ?Sehingga evaluator dapat memperoleh informasi secara lengkap.

Kedua,Evaluator harus tahu apa yang diinginkan klien.Mengapa dievaluasi ?bagaimana hasil evaluasi akan dipakai?Mengapa program memutuskan evaluator program ? dengan demikian evaluator akan mengetahui keinginan dan kejelasan tujuan  yang telah dirumuskan.

Ketiga,dalam pengumpulan informasi perlu diketahui apakah ada individu arau kelompok lain yang berminat atas hasil evaluasi.

Akhirnya evaluator akan berusaha untuk menemukan sumber – sumber yang dapat dimanfaatkan.

Rencana Evaluasi.

Rencana evaluasi adalah persetujuan umum antara evaluator dan klien yang menjelaskan  isu-isu penting dalam evaluasi.Rencana evaluasi harus dapat menjawab :

  1. Evaluasi
  2. Prosedur
  3. Biaya

Evaluasi, Evaluator dan klien harus benar-benar mengerti tentang masalah    evaluasi yang akan dilakukan.

Prosedur, Evaluator harus menjelaskan  prosedur yang akan ditempuh dalam kegiatan evaluasi. Misalnya apakah akan membuat angket,  atau secara informal berbicara dengan guru saat beristirahat dll

Evaluator harus menyetujui biaya evaluasi secara umum.Setiap evaluator harus dapat memperkirakan  jumlah biaya yang akan diperlukan dalam kegiatan.

Evaluator harus  menyediakan waktu mendengar segala sesuatu dari orang proyek :

  1. Siapa yang akan mendapat manfaat program ?
  2. Siapa yang mengerjakan program tersebut ?
  3. Apa yang mereka lakukan ?

Orang proyek kadang mempunyai pandangan yang berbeda, shg perlu  ada wawancara ke arah :

  1. Klien,siapa yangakan dilayani,bagaimana mereka dapat terlibat.
  2. Tujuan,apakah tujuan utama, adakah tujuan yang makan waktu, bila program berhasil apa yang diharapkan terjadi
  3. Proses , pendekatan apa yang dipakai, kegiatan apa yang dilakuakan , jadwal kegiatan.
  4. Organisasi, dimana dan siapa yang memberi pelayanan dan siapa yang membiayai program dll.

Instrumen – informasi

  1. Penyusunan evaluasi
  2. Penyusunan instrumen evaluasi
  3. Validasi instrumen evaluasi
  4. Menentukan jumlah sample
  5. Penyaman persepsi antar evaluator

Penyusunan evaluasi  terkait dengan  model  yang diterapkan , pemilihan model tergantung pada tujuan evaluasi yang akan dilaksanakan  dan criteria keberhasilan program.

Beberapa model  evaluasi program , misalnya :

Model CIPP,model Metfessel and Michael,model Stake,model Kesenjangan, model Glaser, model evaluasi Kelawanan, model Ned Assesment, dsb.

Langkah selanjutnya adalah menentukan  metode pengumpulan data, alat pengumpulan data, sasaran evaluasi,jadwal pelaksanaan evaluasi program.

Kompunen2 yang harus diperhatikan dalam evaluasi program :

  1. Latar belakang masalah
  2. Problematika
  3. Tujuan evaluasi
  4. Populasi dan sample
  5. Instrument dan sumber data.

Instrumen Evaluasi :

Metode pengumpulan data yang dipilih misalnya : wawancara………pedoman wawancara, bila observasi…….disiapkan  lembar pengamatan.bila dengan metode angket maka .  . . menyiapkan angket.

Langkah2 menyusun instrument :

  1. merumuskan tujuan yang akan dicapai dalam menyusun  instrument dalam evaluasi : misal untuk mengetahui aktivitas belajar siswa.
  2. membuat kisi-kisi
  3. membuat butir-butir instrument
  4. menyunting instrument.
  5. penentuan rubrik(model penskoran )

Instrumen  perlu divalidasi untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya

a.Validitasnya : Instrumen menghasilkan informasi yang benar, berguna dan autentik

tentang apa yang diukur an direkam.

b.Reliabilitasnya, mengukur dan merekam dengan akurat, kesalahan diusahakan

seminimal mungkin pada skor dan informasi yang diperoleh dari instrument.

c. Instrumen tidak berubah.

d. Adanya kesesuaian dengan responden

e. Sesuai dengan analisis yang dikehendaki

f. Ekonomis.

g. Praktis

h.obyektif

Metode populasi dan metode sampling adalah cara untuk pengambilan atau penentuan subyek evaluasi.

Teknik Pengambilan Sampel ( Sampling ) :

  1. Proportional sample
  2. Stratified sample
  3. Purposive sample
  4. Quota sample
  5. Cluster sample

Evaluasi Program dapat dikategorikan menjadi 4 jenis :

  1. Evaluasi reflektif
  2. Evaluasi rencana
  3. Evaluasi proses  dan
  4. Evaluasi hasil

Monotoring pelaksanaan evaluasi berfungsi untuk  mengetahui kesesuaian  pelaksanaan program dengan  rencana program dan untuk mengetahui seberapa jauh pelaksanaan program sedang berlangsung.

Teknik dan alat monitoring dapat berupa teknik pengamatan partisipatif taknik wawancara,teknik pemanfaatan dan analisa data dokumentasi.

Aspek-aspek  dalam perencanaan  pemantauan , meliputi  :

  1. perumusan tujuan monitoring
  2. penetapan sasaran pemantauan
  3. penjabaran data yang dibutuhkan,penjabaran dari sasaran
  4. penyiapan metode,meyesuaiakna dengan sifat obyek dan sumber atau jenis datanya
  5. perancangan analisis data pemantauan dan pemaknaannya.
About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: